Review  AirTag

Review  AirTag

AirTags pelacak item   terlihat mengagumkan, tetapi AirTag membutuhkan iPhone dengan iOS 14.5 dan chip "U1" Apple untuk fungsionalitas penuh.

Apple akhirnya mengumumkan "AirTags" yang telah lama dirumorkan, perangkat kecil berdiameter 3,19cm dengan tebal 0,8cm dengan berat 11 gram,  yang dapat membantu Kalian menemukan kunci, tas, atau apa pun yang Kalian pasangkan.

Perangkat seharga $ 29 atau sekitar Rp. 500K di tokped, dapat membuat hidup jauh lebih mudah, tetapi ada kekurangannya :

Pertama

Tidak semua iPhone  akan berfungsi dengan AirTag.

AirTag hanya akan berfungsi dengan iPhone yang support iOS 14.5 ke atas

Berarti dari iPhone 6s/6s plus ke atas

AirTags bekerja menggunakan aplikasi "Find My" Apple di iPhone Kalian, yang dapat menemukan sejumlah gadget berbeda, termasuk beberapa yang tidak dibuat oleh   .  Jika Kalian salah menempatkan item AirTag, Kalian akan dapat menggunakan aplikasi untuk memanggil lokasinya, atau memicu AirTag untuk mengeluarkan suara.

AirTag menggunakan jaringan bluetooth LE 2,4GHz , NFC dan Chip U1 dengan Ultra Wide Band

Kedua :

Selain kicauan Bluetooth sederhana, AirTags juga mengaktifkan fitur yang disebut "Pencarian Presisi", yang dapat menampilkan panah di iPhone kalian yang mengarah langsung ke objek menggunakan panduan haptic dan augmented reality.  Fitur ini membutuhkan chip "U1"   di kedua perangkat agar berfungsi, yang berarti hanya perangkat tertentu yang dapat melakukannya.

IPhone mana yang memiliki chip U1 Apple?

iPhone 11

iPhone 11 Pro

iPhone 11 Pro Max

iPhone 12

iPhone 12 Mini

iPhone 12 Pro

iPhone 12 Pro Max

Jadi type iPhone di luar itu tidak dapat menggunakan koneksi Ultra Wide Band, artinya tidak dapat mendeteksi lokasi dengan sangat tepat menggunakan tanda panah penunjuk arah lokasi.

Keriga

Untuk menjalankan chip U1 butuh jaringan Ultra Wide Band yaitu jaringan jarak pendek dengan saluran pita besar, dan masalahnya di Indonesia belum mengadopsi nya,

Saya mencobanya dengan iPhone 11 dan chip Ultra U1 tidak berfungsi, sehingga pelacakan AirTag dengan Ultra Wide Band tidak bisa menunjukkan arah lokasi AirTag dengan tanda panah pada layar iPhone atau pelacakan presisi jarak dekat.

Jadi kalian wlopun menggunakan iPhone seri 11 atau seri 12 tetap lah cara pencariannya hanya mengandalkan Find My dan jika posisi sudah dekat tinggal menekan rombol bunyi saja agar dapat mengetahui lokasi nya.

Adapun negara negara yang tidak mengadopsi jaringan Ultra Wide Band adalah :

Indonesia, Argentina, Armenia, Azerbaijan, Belarus, Kazakhstan, Kingistan, Nepal, Pakistan, Paraguay, Rusia, kep. Solomon, Tajikistan, Turkmenistan, Ukraina, Uzbekistan

BAGAIMANA CARA KERJA NYA ?

Setelah kalian mengeluarkan dari kotak nya, AirTag di lapisi plastik mengelilinginya, di buka pelan pelan dan terakhir bagian ujung plastik akan tertarik, ujung plastik ini sebagai pembatas battery dengan mesin AirTag, agar tidak menenpel dan tidak bekerja, begitu sudah terlepas secara otomatis AirTag bekerja, dan dekatkan iPhone kalian yg sdh menggunakan iOS 14.5 minimal, dalam beberapa saat AirTag akan terdeteksi dan muncul di layar iPhone kalian.

IMG_0852.jpeg

Selanjutnya klik kata “setting Up”, dan selanjutnya AirTag akan terkoneksi dengan  ID kalian dan termasuk menampilkan no simcard yang terdaftar si  ID.

IMG_0861.jpeg

Selanjutnya klik “Continue” dan AirTag menampilkan beberapa pilihan item yang akan di beri pelacak AirTag, antara lain :

Backpack, bike, camera, handbag, headphones, jacket, keys, luggage, umbrella, wallet dan custom name.

Jadi kalian bisa tulis namanya contoh “tas pacar” di custom name ????,

Kemudian lanjut klik “continue” seanjutnya akan langsung masuk ke layar dengan tampilan beberapa fungsi peacakan.

IMG_0851.jpeg

Ada Precision finding - ini pelacakan akurat menggunakan jaringan Ultra Wide Band .

Ada Play Sound - ini untuk membunyikan suara pada AirTag menggunakan jaringan bluetooth jadi jangkauannya sekitar 10M

Ada Direction in Map - ini menampilkan posisi letak AirTag pada  Maps.

Jika menekan “view in Find My app” maka akan langsung menampilkan layar lokasi AirTag pada aplikasi Find My, atau memilih “done” artinya selesai settingan, tinggal lihat di aplikasi Find My yang akan menampilkan lokasi AirTag.

Selanjutnya rampilan dalam  maps